elangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelang

Kamis, 16 Maret 2017

ANSI

standar menurut kbbi (kamus besar bahasa indonesia) adalah lambang / bendera atau bisa diartikan sebagai patokan sesuai ukuran tertentu / sesuatu yang dianggap tetap nilainya.
Tahukah anda bahwa Institusi atau lembaga pendidikan di Amerika memiliki suatu aturan baku tentang nilai tertentu. sebut saja sebuah konsep pemrograman yang harus mengacu pada ANSI (American National Standards Institusi) yaitu suatu lembaga tingkat nasional khusus mengatur tentang nilai patokan tertentu untuk wilayah negara amerika. Hal ini cukup unik, karena merupakan hal yang tidak wajar untuk di indonesia. Suatu organisasi yang cukup penting untuk melindungi seorang peneliti atau penemu yang melakukan riset dan penelitian sampai menghasilkan suatu teori baru dengan suatu pembuktian tertentu. Jika hal ini direalisasikan di indonesia maka tidak mungkin tidak indonesia akan memiliki banyak penemu atau ilmuan setingkat profesor tanpa harus bingung mencari kendaraannya. saya memiliki sebuah buku tentang pemrograman berbahasa C yang mana penulisnya adalah orang indonesia. mungkin karena bahasa pemrogramannya dari amerika (penemu bahasa C) maka penulis tersebut (orang indonesia) harus mematuhi standar penulisan dari Amerika (sesuai ANSI) untuk melindungi hak cipta ilmuwan bahasa pemrograman tersebut.menurut sejarahnya, bahasa C tercipta dari bahasa BCPL oleh Marthin Richards tahun 1967, kemudian bahasa tersebut dikembangkan oleh Ken Thompson dengan membuat perubahannya bernama Bahasa B pada tahun 1970. Yang akhirnya pada 1970-an seorang ilmuwan dari Bell Telephone Laboratories Inc. bernama Dennis Richtie membuat sebuah bahasa pemrograman bernama Bahasa C yang merupakan standarisasi untuk bahasa Unix (Bapaknya Linux).
Seharusnya kita juga tahu bahwa ilmuwan atau peneliti tersebut kesemuanya adalah orang amerika yang dilindungi oleh sebuah organisasi yang cukup solid bernama ANSI yang dibentuk tahun 1983 melalui suatu komite khusus.
Adapun Bahasa C memiliki beberapa keunggulan yaitu :
1. Bahasanya hampir ada disemua jenis komputer mulai dari komputer mikro, mini atau mainframe (komputer induk).
2. Bahasa C bersifat portable / mudah digunakan.
3. Terdiri hanya dari 32 kata kunci
4. proses executable lebih cepat dari bahasa pemrograman lainnya.
5. Dukungan pustaka yang banyak.
6. Terstruktur.
7. Merupakan bahasa tingkat tinggi dan menengah.
8. Merupakan induk dari program lain.
9. Terkenal sampai sekarang.

Contoh Program C untuk penghitungan suhu dari celcius diubah ke fahrenheit :



Kalori menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah : 
1. satuan panas yg menyatakan jumlah panas yg diperlukan untuk menaikkan suhu 1 g air setinggi satu derajat Celcius (1oC);
2. satuan tenaga panas sebesar 4, 1868 joule, disingkat kal.

Bisa dapat saya simpulkan bahwa menurut saya kebutuhan air manusia tergantung tingginya suhu udara sekitar lingkungan di atas rata-rata. Massa jenis air => volume (1 liter) = 1 kg.
Suhu rata-rata di indonesia antara 25 - 32 derajat celcius. bisa kita ambil nilai tengahnya yaitu 28 derajat celcius. Bisa dikatakan suhu diatas 28 derajat celcius dengan kenaikan 1 derajat suhu udara manusia mengeluarkan minimal 1 mililiter cairan untuk bisa beradaptasi. cairan tersebut bisa berupa urin atau keringat atau lainnya.

Contoh Program Kalori :
https://uploads.to/7l3c1rkpz32l


2 komentar:

  1. Program berbasis biner sangat universal bila digunakan untuk pembuatan operating sistem atau program lainnya dan sangat stabil ringan berjalan.

    BalasHapus
  2. Program berbasis biner sangat universal bila digunakan untuk pembuatan operating sistem atau program lainnya dan sangat stabil ringan berjalan.

    BalasHapus