elangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelangelang

Minggu, 12 Maret 2017

Gundolo Sang Penyembunyi di atas awan

Gundolo adalah seorang nama teman yang termaksud di atas. Gundolo seorang pertapa yang kelihatan genit tetapi tidak genit, terlihat menakutkan tapi suka berkawan. Berpakaian sederhana dan suka berkelana dengan tunggangannya berupa awan yang bisa berguna sebagai tempat tinggal juga. sedikit senyum dari raut mukanya menandakan akan ada suatu permasalahan yang harus diselesaikannya.
Ia muncul tiba-tiba bak petir di siang bolong tanpa mendung ataupun hujan. kedatangannya pasti diketahui oleh semua orang karena suara kakinya yang menggelegar hingga terjadi getaran di sekelilingnya.
Gundolo atau sering disebut gundoro adalah sebuah nama alias saja. orangnya merupakan manusia biasa tetapi awet muda, walaupun sudah tua ia tidak butuh tongkat untuk berdiri tegak. kesaktiannya tidak dapat ditandingi oleh siapapun.warna pakaiannya adalah kelabu atau abu-abu menandakan ia tidak memiliki karakteristik khusus dan bajunya sudah usang dimakan usia. kedatangannya yang secepat kilat dan didaerah yang sepi atau jauh dari keramaian adalah tanda kedatangannya. ia tidak dapat ditiru ataupun diaku-aku oleh seseorang atau beberapa orang. rambutnya yang agak panjang menandakan bahwa ia adalah seorang pahlawan ulung. memiliki pandangan tajam dan ringan tangan namun sangat berat jika memukul seseorang. merupakan seorang sastrawan jawa jaman milenium dengan sifat kekolotannya. suka dengan budaya asli dan adatnya merupakan adat campuran antara adat lama dan modern. Ia merupakan orang jawa tulen dan sedikit mengerti tentang adat orang jawa. suka hal yang sederhana dan tidak muluk-muluk. hidup cukup antara makan, minum dan istirahat adalah kesukaannya. jarang berkeliling desa tanpa ada maksud tertentu.
tapi yang pasti kedatangannya secepat kilat tanpa ada yang mengetahui dari mana datangnya. Gundal adalah nama seorang abdi tuhan yang menyukai hal-hal berbau tradisional yang bersifat membangun tanpa dibangun.

*modern adalah hal dari atau yang berkaitan dengan masa sekarang atau baru yang bertentangan dengan masa lalu jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar